Liburan Ke Bali Saat Hari Raya Nyepi

Tanggal 12 maret 2013 nanti masyarakat Bali akan merayakan hari raya Nyepi dalam rangka menyambut tahun baru caka. Di hari raya ini masyarakat Bali mengadakan catur brata penyepian. Ada empat pantangan saat hari raya ini yaitu tidak keluar rumah, tidak menyalakan api/cahaya, tidak menikmati hiburan dan tidak bekerja.

Tidak seperti pada perayaan tahun baru masehi, dalam menyambut tahun baru caka masyarakat Bali memulainya dengan Nyepi. Tidak ada kegiatan, toko-toko tutup bahkan bandara Ngurah Rai juga akan ditutup, tempat wisata diseluruh Bali akan tutup dan hampir semua aktivitas berhenti kecuali rumah sakit.

Sehari sebelum Nyepi disebut Pangrupukan dimana anak-anak muda Bali mengarak Ogoh-ogoh keliling wilayah desa mereka. Disamping mengarak Ogoh-ogoh masyarakat Bali juga akan melaksanakan upacara pecaruan dan  pangrupukan. Biasanya diikuti dengan memukul kentongan atau benda-benda lainnya hingga menimbulkan bunyi yang riuh.

Bisakah Liburan Ke Bali Saat Nyepi?

Liburan ke Bali saat Nyepi bisa menjadi pengalaman yang menarik. Anda bisa datang ke Bali tiga hari sebelum Nyepi sehingga bisa melihat suasana hari raya Nyepi. Anda bisa melihat masyarakat Bali yang melaksanakan upacara Melasti ke Pantai. Beberapa pantai di Bali biasanya digunakan untuk Melasti termasuk pantai Kuta dan pantai Legian.

melasti di Bali

Sehari sebelum Nyepi anda bisa menyaksikan pawai Ogoh-ogoh disekitar denpasar dan daerah Kuta juga hampir seluruh tempat di Bali. Yang paling meriah biasanya dipusat kota Denpasar yaitu di lapangan puputan dekat museum Bali. Masing-masing banjar di Bali akan membuat Ogoh-ogoh. Pembuatannya bisa memakan waktu satu sampai dua bulan tergantung tingkat kesulitannya.

Saat pawai pada sore menjelang malam orang-orang akan keluar rumah untuk menyaksikan pawai ini. Di beberapa tempat seperti di Kuta dan Legian juga ada.

ogoh ogoh

Persiapan Mengikuti Hari Raya Nyepi

Sebagai wisatawan tentunya anda tidak diwajibkan untuk mengikuti segala rangkaian upacara Nyepi anda hanya diwajibkan untuk tidak keluar dari hotel tempat anda menginap selama satu hari. Biasanya hotel-hotel di Bali akan melayani tamu lebih dari biasanya. Mereka akan mengadakan beberapa kegiatan  dan hiburan disamping itu anda juga masih bisa beraktivitas disekitar area hotel.

Namun jika anda ingin merasakan keheningan saat Nyepi anda bisa menyendiri di kamar sambil merasakan tenangnya suasana dan introspeksi diri atas semua yang telah dilakukan sebelumnya. Mengucap syukur dan berdoa semoga selanjutnya mendapat kemudahan-kemudahan dan dijauhkan dari segala masalah.

Karena tidak boleh keluar ada baiknya anda belanja sedikit snack dan makanan lainnya sehari menjelang Nyepi. Sewalah beberapa buah DVD untuk mengisi waktu. Untuk emergency anda bisa menghubungi rumah sakit terdekat karena rumah sakit tetap buka. Walaupun tidak boleh kemana-mana dijamin anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Menikmati suasana sepi dan udara bebas polusi dalam sehari di Bali.
Sharing artikel di atas ke teman anda Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

2 comments:

Karina said...

Saya pernah liburan dirumah keluarga di Bali saat hari raya Nyepi...memang sedikit membosankan tapi setelah dipikir-pikir banyak manfaatnya. Selain mengurangi polusi juga bisa introspeksi diri ...

Cithika said...

Kapan ya??
pengen liburan ke bali..hikss

Post a Comment