Diving Di Pantai Tulamben Bali

Tulamben adalah sebuah tempat wisata di Bali yang sangat terkenal dengan wisata menyelamnya. Disini para penyelam ingin melihat bangkai kapal laut USAT Liberty milik Amerika Serikat yang ditembak oleh tentara Jepang pada tahun 1942. Kapal ini karam dan kini menjadi rumah bagi berbagai ikan dan biota laut lainnya.

pantai tulamben

Daya Tarik Tulamben
Para penyelam dari seluruh dunia datang ketempat ini untuk melihat keindahan bawah laut pantai Tulamben. Lokasi bangkai kapal USAT Liberty hanya 25 meter dari bibir pantai sehingga mudah dijangkau hanya dengan berenang. Dari permukaan kita hanya perlu menyelam sekitar 5 meter untuk menjangkau kapal karam ini.

tulamben bali

Ketinggiannya sekitar 30 meter dan dipenuhi tumbuhan laut serta ikan laut, baik yang kecil maupun besar. Bangkai kapal ini telah menjadi batu karang yang cukup besar dan sangat menantang untuk dijelajahi. Jika anda beruntung anda akan melihat beberapa ikan besar yang mencari makan atau kebetulan lewat.

Karena dive spot ini relatif mudah maka bukan hanya para penyelam yang yang sudah berpengalaman tapi para penyelam pemula juga banyak yang berkunjung kesini. Tidak heran jika puluhan penyelam dari seluruh dunia datang setiap hari kesini khususnya saat cuaca sangat bersahabat seperti pada bulan antara Agustus sampai November.

Lokasi Pantai Tulamben
Lokasinya di kecamatan Kubu, Karangasem disebelah timur kaki gunung Agung. Dari Denpasar sekitar 3 jam perjalanan, pertama kita menuju arah kota Karangasem lalu cari petunjuk arah menuju objek wisata Tirta Gangga, tidak ada salahnya jika anda singgah sebentar ke istana air ini. Setelah di Tirta Gangga lanjutkan perjalanan dan sekitar 5 km sebelum pantai anda akan melihat sebuah tanda selamat datang.

area tulamben

Kita juga bisa kesini dari arah kota Singaraja menyusuri pesisir timur laut Bali. Disamping pantai ini, Karangasem juga punya spot diving yang tidak kalah terkenal yaitu pantai Amed, jaraknya sekitar 7 km ke arah timur. Di sepanjang jalan menuju ke pantai ini  kita juga bisa melihat kemegahan gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.

gunung agung

Akomodasi
Karena telah menjadi objek wisata menyelam terkenal daerah ini memiliki akomodasi yang cukup memadai baik penginapan maupun restoran. Tentu saja disini banyak terdapat penyedia jasa menyelam yang menyediakan alat menyelam dan instruktur yang akan memandu penyelaman anda.
Sharing artikel di atas ke teman anda Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

1 comments:

zona berita sehat said...

ini salah satu tempat favorit wisatawan yang sering saya ajak tour di bali... kunjungi Bali tour package disini

Post a Comment