Taman Air Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga adalah sebuah taman air yang terletak di kabupaten Karangasem, Bali. Dibangun pada jaman kerajaan Karangasem tahun 1948. Setelah kesini mungkin anda bisa melanjutkan ke Tulamben untuk diving atau kembali ke Candidasa untuk menginap disana. Kalau anda ingin menikmati sunset bisa ke pantai Pandawa.

tirta gangga

Secara harfiah Tirta Gangga berarti air suci dari sungai Gangga. Dimana sungai Gangga merujuk pada sungai suci yang berada di India. Taman air ini berada diantara persawahan dan bukit menghijau, luasnya kira-kira 1,2 hektar.

Lokasi Tirta Gangga

Terletak kira-kira 6 km dari kota Amlapura, Karangasem atau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Denpasar. Dari arah Candidasa anda menuju ke kota Karangasem, dari kota menuju ke utara kira-kira 15 menit lagi. Sebelum memasuki area taman air ini anda akan melihat persawahan yang sangat subur.

gerbang tirta gangga

Di bagian depan akan ada tempat parkir disisi kiri taman ini. Sebelum masuk jangan lupa untuk membeli tiket masuk digerbang bagian dalam.

Fasilitas dan Keunikan Tirta Gangga

Yang kita lihat disini tentu saja lebih banyak kolam air, namun sebelum memasuki gerbang anda akan melihat beberapa artshop dan rumah makan. Di dalam anda akan melihat beberapa kolam ikan dan patung-patung. Kolam bagian kanan merupakan kolam ikan dimana kita bisa berjalan menyusuri jalan setapak di atas kolam sambil melihat ikan dari dekat.

kolam ikan

Dibagian tengah ada sebuah menara air mancur, tingginya kira-kira lima meter. Gemericik air menambah segarnya suasana di taman ini. Disini memang ada sebuah sumber air yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, baik untukkebutuhan sehari-hari maupun mengairi sawah.

tirta gangga garden

Disini juga ada sebuah kolam permandian umum. Jadi kalau anda ingin mandi juga bisa. Airnya sangat jernih dan agak dingin. Di bagian selatan ada sebuah jembatan di tengah kolam yang sangat indah.
Sharing artikel di atas ke teman anda Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

0 comments:

Post a Comment