Air Terjun Gitgit Di Buleleng Bali

Kali ini saya akan mengulas mengenai wisata air terjun Gitgit di Buleleng. Bali terkenal dengan keindahan alamnya. Selain pantai Bali juga punya pemandangan alam lainnya seperti gunung, danau dan air terjun. Jika liburan ke Bali selain harus melihat danau juga harus menyempatkan diri mengunjungi air terjun yang ada di Bali. Walaupun rata-rata air terjun ini letaknya cukup jauh dari Kuta dan Nusa Dua tapi ketika kita sampai disana akan terbayarkan semua kelelahan yang kita rasakan.

air terjun Gitgit


Lokasi Gitgit waterfall

Jaraknya cukup jauh dari Denpasar, sekitar 2 jam perjalanan. Agar lebih gampang dari arah Denpasar kita menuju Wisata Bedugul, karena akan lebih mudah menemukan petunjuk jalan menuju Bedugul. Setelah tiba di Bedugul baru kita melihat petunjuk arah menuju kota Singaraja. Ikuti saja petunjuk arah itu dan kalau masih bingung silahkan bertanya kepada penduduk lokal kemana arah jalan menuju Singaraja.

gitgit

Dari Bedugul jarak tempuh ke air terjun Gitgit kira-kira 30 menit. Letaknya dikiri jalan, kita akan melihat papan nama petunjuk parkir wisata air terjun ini. Namun sebelum air terjun ini sekitar 1 km juga ada sebuah air terjun bernama Twin Gitgit Waterfall. Airnya memang dari satu sumber tapi air terjun yang kita bahas sekarang lebih tinggi.

Keindahan Gitgit Waterfall

Setibanya kita di parkiran air terjun, kita harus menuruni jalan setapak dan anak tangga sekitar 15 menit untuk menjangkau air terjun ini. Lumayan jauh dan melelahkan apalagi jika berkunjung pada siang hari. Disepanjang jalan setapak ada beberapa artshop yang menjual aneka souvenir khas Bali seperti kain-kain, asesoris dan kerajinan kayu.

artshop gitgit

Saat menyusuri jalan setapak kita akan menyaksikan pepohonan yang rindang dan suasana pegunungan yang asri. Anda juga akan mendengar kicauan burung dan hembusan angin sepoi-sepoi. Sampai dibawah kita akan melihat sebuah pura kecil dan sebuah tempat berteduh.

Gitgit Waterfall

Udara begitu sejuk karena rembesan air terjun. Tinggi air terjun Gitgit sekitar 35 meter. Airnya begitu jernih dan dingin, debit airnya kadang rendah tergantung anda berkunjung dimusim panas atau hujan. Anda boleh mandi disini tapi jika musim hujan sangat diharapkan untuk berhati-hati dengan air bah.

Jika beruntung kita akan melihat pelangi disekitar air terjun. Dengan suasana yang begitu nyaman membuat kita enggan untuk beranjak tapi perjalanan pulang tentu tidak kalah melelahkan karena harus menaiki beberapa anak tangga dan jalan setapak yang kita lewati tadi.

Jika masih ingin menikmati keindahan yang dimiliki Buleleng anda bisa ke kota Singaraja yang jaraknya kira-kira 30 menit dari wisata air terjun ini. Di Kota singaraja kita bisa melihat keindahan pantai dibekas pelabuhan Singaraja dan menyusuri jalan-jalan di kota sambil mencoba kuliner khas Singaraja. Lovina juga bisa menjadi tujuan anda selanjutnya atau anda ingin balik ke Kuta dan menyempatkan diri singgah ke Taman Ayun
Sharing artikel di atas ke teman anda Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

4 comments:

Ikan Teri said...

Waduh..jadi kangen pulang kampung ke seririt..Maklum asli Bali besar Jakarta hahaha.. Niche Artikel Admin, unik-unik n fresh Content nya. Awas jangan sampai ditempeli Blog AGC, Laporkan segera DMCA hehehe

jaka said...

makasih gan infonya dan sangat menarik

tejo said...

terimakasih bos buat infonya dan semoga bermanfaat

sarmin said...

mantap mas infonya dan salam sukses

Post a Comment