Menikmati Keindahan Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun adalah salah satu pura di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Pura ini terletak di desa Mengwi sekitar 30 menit dari Denpasar. Taman Ayun merupakan pura keluarga kerajaan Mengwi yang dibangun sekitar tahun 1634. Seperti halnya pura-pura lain di Bali, pura ini memilik tiga area yaitu area luar tengah dan dalam.

pura Taman Ayun

Keindahan Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun memang menjadi salah satu ikon pariwisata Bali karena keindahannya sesuai dengan namanya yang berarti pura di taman yang indah. Disini anda akan melihat kolam yang penuh dengan bunga teratai mengelilingi pura, membuat suasana  tampak seperti pura diatas air.

candi kurung

Daya tarik utama dari pura ini tentu saja keindahan Meru atau pelinggih pura. Bangunan pemujaan yang berbentu meru mirip seperti pagoda. Atapnya bertumpang bisa sampai sebelas tinggkat yang mana di Bali biasa disebut meru,  bahan atapnya dari ijuk yang diambil dari pohon enau. Meru ini terdapat di area paling dalam pura. Ada beberapa meru disini yang menjulang tinggi yang menambah keindahan pura.

Dibagian luar pura ada sebuah jembatam kecil menuju bagian tengah pura. Pertama anda akan melewati candi bentar yang merupakan pintu gerbang utama. Dibagian tengah anda akan menjumpai bangunan menyerupai sebual hall yang disebut Wantilan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan. Ada juga Bale Kulkul atau tempat kentungan yang digunakan sebagai alat komunikasi.

Selain itu ada juga taman yang tertata sangat indah dengan berbagai tanaman tropis menghijau sangat indah dipandang. Anda tidak akan bosan berjalan mengelilingi pura ini sambil menikmati suasana yang sangat nyaman dan asri. Jika anda sudah menikmat keindahan Pura Taman Ayun saatnya anda ke Waterbom Bali di hari berikutnya.
Sharing artikel di atas ke teman anda Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

0 comments:

Post a Comment