Liburan Ke Bali Pas Hari Raya Nyepi Dapat Apa?

Liburan adalah waktu untuk bersenang-senang dan larut dalam kemeriahan pesta. Menikmati keramaian sekaligus menghilangkan kepenatan serta melupakan rutinitas menjemukan. Bagi sebagian orang melepas penat bisa dengan berpesta atau menyendiri dalam kesunyian. Bali sebagai pulau wisata menyediakan berbagai pilihan bagi wisatawan.

Di Bali ada satu tradisi yang unik dimana dalam sehari orang tidak bepergian kemana-mana, jadi hanya dirumah saja. Hari raya Nyepi namanya, jatuh pada tanggal 21 Maret tahun ini. Hari raya Nyepi dirayakan setiap tahun tapi jatuhnya pada tanggal berbeda karena dalam tradisi orang Bali mereka masih menggunakan tahun Saka bukan Masehi. Lalu pengalaman apa yang bisa kita dapat liburan ke Bali  saat hari raya Nyepi?

Festival Ogoh-Ogoh
Salah satu rangkaian hari raya Nyepi adalah pawai Ogoh-Ogoh yang dilaksanakan sehari sebelum hari raya Nyepi. Pawai ini bisa kita saksikan hampir disetiap tempat di Bali baik di kota maupun di desa. Pawai Ogoh Ogoh dimulai pada sore hari dan berakhir pada malam hari.

Ogoh Ogoh

Introspeksi diri dalam Kesunyian
Sepi, itulah suasana yang kita rasakan. Jalanan, pasar, kantor, semuanya sepi. Tidak ada orang beraktivitas kecuali rumah sakit dan hal-hal berbau emergency lainnya. Dalam keheningan kita melihat kebelakang, menimbang-nimbang sembari beritikad untuk menjadi yang lebih baik dilain kesempatan.
 
Catur Brata Penyepian
Inilah empat larangan dalam hari raya Nyepi:
- Tidak bepergian
- Tidak bekerja
- Tidak menyalakan api/lampu
- Tidak bersenang-senang

Semua larangan ini harus dipatuhi agar kita bisa merasakan bagaiamana keheningan itu. Kita akan benar-benar ada dalam kegelapan disaat malam dan suara-suara jangkrik yang biasanya kalah dengan suara tv dan motorpun terdengar.

Namun disisi lain sangat disayangkan hotel-hotel di daerah wisata di Bali biasanya mengadakan acara-acara meriah bagi tamu-tamu mereka saat hari raya Nyepi. Keadaan yang tidak bisa keluar hotel dimanfaatkan oleh mereka untuk berjualan lebih banyak produk baik makanan maupun minuman.

Jika anda ingin ikut merasakan kesunyian hari raya Nyepi di Bali sebaiknya mencari penginapan kecil atau villa-villa di daerah Ubud atau menyewa villa di daerah Seminyak.

Apabila anda tidak bisa bepergian ke Bali, anda masih bisa merasakan suasana Nyepi di tanggal 21 Maret 2015 dengan melakukan brata penyepian dirumah yaitu dengan tidak bepergian, tidak bekerja, tidak menyalakan api atau lampu serta alat listrik lainnya dan tidak berfoya-foya serta menghibur diri. Semoga dalam kesunyian anda menemukan kedamaian.
Sharing artikel di atas ke teman anda Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

0 comments:

Post a Comment