Indahnya Sunset Di Pura Tanah Lot Bali

Kalau ditanya dimana tempat menyaksikan sunset paling bagus di Bali? Jawabannya sudah pasti di Pura Tanah Lot, setelah itu baru berturut-turut di pantai Kuta lalu di pura Uluwatu. Ribuan wisatawan kesini saat mereka liburan di Bali. Hampir setiap paket tour yang ditawarkan oleh travel agen ada tour melihat sunset di pura ini.

Pura Tanah Lot berdiri diatas sebuah batu karang yang menjorok ke laut, kira-kira 50 meter dari bibir pantai. Kalau air pasang naik maka pura ini terlihat seperti mengambang di tengah laut. Namun saat air surut kita bisa menyebrang dan jalan-jalan di depan pelataran pura.

sunset tanah lot

Siapa Sosok Pendiri Pura Tanah Lot

Namanya Danghyang Niratha pendeta suci yang mengajarkan dan mengamalkan ajaran agama di Bali. Beliau juga dijuluki Pedanda sakti Wau rauh karena kesaktiannya. Awal perjalanannya dimulai dari Blambangan pada tahun 1537. Di Bali beliau menjadi tokoh agama dan penasehat raja Gelgel yang kala itu memerintah Bali.

Danghyang Niratha adalah tokoh agama yang menanamkan sendi-sendi keagamaan di Bali. Beberapa konsep ajaran dan filsafat beliau masih dipraktekkan sampai sekarang. Beliau berperan dalam perkembangan budaya, sosial dan keagamaan di Bali.

Lokasi Pura Tanah Lot

Lokasinya di kabupaten Tabanan tepatnya di desa Braban kecamatan Kediri. Sekitar satu jam dari Kuta dan denpasar, kalau dari Ubud sekitar 35 menit. Objek wisata ini sangat mudah dijangkau karena banyaknya pilihan trnasportasi. Anda bisa naik taxi maupun menyewa kendaraan. Lihat peta petunjuk arah Google dibawah ini.


Lihat Peta Lebih Besar

Keindahan Sunset Tanah Lot

Dari sekian banyak tempat wisata di Bali mungkin tempat ini yang paling banyak diabadikan dalam bentuk foto selain pura Danu Bratan di Bedugul. Jika kita mencari di Google image dengan kata "Bali" pasti yang muncul salah satunya gambar pura ini. Suasana ditempat ini tentunya sangat ramai terutama disore hari apalagi menjelang puncak sunset.

Posisi pura yang sangat kokoh di atas batu karang walaupun ombak menerjang tiada hentinya. Saat matahari menuju ke peraduannya ribuan pasang mata mengintip. Mereka ingin melihat karya seni ciptaan Tuhan.

Segera setelah cahaya matahari memudar, hamparan warna merah dan orange bercampur. Saat matahari melewati sekumpulan awan gelap yang membuat sinarnya meredup maka akan terlihat siluet pura Tanah lot yang terkenal itu.

Perhatikan cahaya matahari yang semakin meredup dan akhirnya tenggelam didasar samudra. Mengingatkan kita bahwa semua pasti akan kembali tak terkecuali kita manusia. keindahan yang mungkin tak akan habis untuk diceritakan kepada teman dan saudara.

Akomodasi di sekitar Pura

Disepanjang jalan dari tempat parkir hingga ke Pura anda akan menemukan banyak toko souvenir. Anda bisa membeli lukisan patung dan berbagia pernak-pernik khas Bali untuk oleh-oleh. Disekitar kawasan pura juga ada beberapa restoran dan tempat penginapan.

Tempat penginapan mulai dari hotel melati sampai hotel berbintang ada. Yang paling terkenal tentu saja NBR dengan lapangan golfnya. Biasanya ada berbagai macam hiburan di sekitar area ini yang diadakan oleh hotel-hotel disekitarnya. Anda bisa sunset dinner atau kadang ada juga pergelaran kecak disini.

Video

Untuk menghilangkan rasa penasaran anda silahkan lihat video berikut ini sebagai gambaran keindahan dan keajaiban alam ciptaan Tuhan.

Mungkin anda sudah pernah kesana dan ingin kembali lagi untuk menikmati indahnya sunset. Paling tidak video diatas dapat membangkitkan kenangan indah selama disana. Masih banyak tempat wisata yang menarik lainnya yang musti anda kunjungi selama di Bali contohnya cultural park Taman Nusa di Gianyar, lain kali akan saya bahas tempat-tempat lainnya di blog tabuhbali ini.
Sharing artikel di atas ke teman anda Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

0 comments:

Post a Comment